Sabtu, 22 Oktober 2016

Norma dan Keadilan

  Hasil gambar untuk siswa menyeberang jalan menggunakan zebra cross

Gambar 2.1 
Siswa Menyebrang Jalan Menggunakan Zebra Cross
          Ada tiga orang anak sedang menyebrang dizebra cross yang dibantu oleh pak polisi dengan hati-hati. Polisi memberhentikan motor dan mobil untuk mereka menyebrang. akhirnya, motor dan mobil berhenti dan menunggu siswa siswi menyebrang. siswa siswi menyebrang dengan tertib dan tidak bercanda, tanpa memikirkan motor dan mobil yang sedang berkendara kencang saat dia menyebrang dan tanpa takut akan sesuatu. dan pak polisi dengan sabar menyebrangi siswa siswi itu dengan sabar hingga ke tempat tujuan.


Hasil gambar untuk pengendara motor melanggar jalur busway


                                   
Gambar 2.2 
Pengendara Motor Melanggar Jalur Busway
         Banyak pengendara motor yang tidak menaati peraturan, mereka melewati jalur busway tanpa memperdulikan apa yang terjadi nanti. sedangkan dengan jalur ditetapkan sedang terjebak macet, tetapi motor dan mobil dengan sabar menunggu macet hingga tidak macet lagi. banyak pengendara motor yang meleawati jalur busway, mereka tidak peduli ketika terkena sanksi. mereka hanya mementingkan diri sendiri, tidak memperdulikan apa yang terjadi nanti apabila memasuki jalur busway. pengendara yang melewati jalur busway akan terkena sanksi atau mendapatkan denda.

    Hasil gambar untuk masyarakat adat sedang melakukan kegiatan musyawarah untuk menentukan suatu peraturan

Gambar 2.3 
Masyarakat Adat Sedang Melakukan Kegiatan Musyawarah Untuk Menentukan Suatu Peraturan.
             Terdapat banyak masyarakat yang sedang sibuk melakukan kegiatan musyawarah untuk menentukan peraturan. walaupun banyak yang berbeda pendapat tetapi harus bisa menerima walau berbeda pendapat. peraturan sangat peting, peraturan dalam keluarga maupun peraturan antar warga. makannya diadakan RT atau RW agar bisa saling rukun antar tetangga atau warga agar tidak ada yang bertengkar atau berantem, supaya agar selalu rukun dan damai. 
  Hasil gambar untuk perilaku sopan peserta didik kepada gurunya

Gambar 2.4
Perilaku Sopan Peserta Didik Kepada Guru 
          Sopan kepada guru itu sangat penting, karna guru itu orang tua kedua di sekolah. tanpa guru kita tidak bisa nulis dan berhitung. guru itu memberikan ilmu kepada muridnya supaya muridnya pintar dan menjadi penerus bangsa. berperilaku sopan tidak hanya kepada guru saja, tetapi kepada orang tua itu sangat penting. karna kalau tidak berperilaku sopan kepada guru dan orang tua nanti akan mendapatkan penyesalan karna tidak sopan kepada mereka. tanpa mereka kita tidak bisa berbicara seperti sekarang. maka, harus hargai perjuangan mereka. 
  Hasil gambar untuk norma agama

Gambar 2.5 
Umat Beragama Sedang Melaksanakan Ibadah Menurut Agamanya
          Melaksanakan ibadah itu sangat wajib karna akan mendapatkan wahyu dari tuhan yang maha esa. karna kalau tidak melaksanakan ibadah akan mendapat dosa, tidak diampuni dosanya dan tidak mendapatkan wahyu dari tuhan. tuhan akan menghapus dosa hambanya yang rajin beribadah dan taat akan semua larangannya yang dosa. mereka harus menghormati agama yang berbeda, bukan malah menyempelekan agama yang berbeda tetapi harus dihormati.Hasil gambar untuk umat beragama sedang melaksanakan ibadah menurut agamanya

Gambar 2.6
Kerukunan Antar Umat Beragama 
        Kerukunan antar umat beragama sangat penting walaupun berbeda agama harus saling rukun satu sama lain, tidak boleh ada yang bertengkar atau berantem. seperti yang dikatakan pahalawan bhineka tunggal ika berbeda beda tetapi tetap satu jua. harus saling menghormati, menyayangi dan harus saling rukun antar umat beragama. 

http://cdn.gresnews.com/showimg.php?size=view&imgname=2015310140608-mabes%20polri.jpg
                              (a)

Hasil gambar untuk gedung kejaksaan agung
                            (b)

 https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ee/Gedung_Mahkamah_Agung_RI.JPG

                             (c)
Gambar 2.7 
          Gedung Mabes Polri(a), Gedung Kejaksaan Agung(b), Gedung Mahkamah Agung(c) gedung mabes polri, gedung kejaksaan agung, gedung mahkamah agung disebut juga norma hukum. kepolisian yang bertugas menyelidiki atau menyidiki, kejaksanaan agung bertugas menetapkan serta mengendalikan kebijakan hukum dan keadilan dalam ruang lingkup tugas dan wewenang kejaksanaan, mahkamah agung bertugas melakukan pengawasan tertinggi terhadap penyelenggaraan peradilan di semua lingkungan peradilan dalam menjalankan kehakiman. didalam kepolisian ada polisi, didalam kejaksaan agung ada jaksa, didalam mahkamah agung ada hakim.



Hasil gambar untuk interaksi sosial masyarakat di pasar terapung

Gambar 2.8 
          Interaksi Sosial Masyarakat di Pasar Terapung interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok. tanpa adanya interaksi sosial maka tidak akan ada kehidupan bersama, manusia hidup secara berkelompok bukan sendiri sendiri, kita membutuhkan orang lain dan orang lain membutuhkan kita. contoh seperti berbelanja ke pasar kita pasti pernah tawar menawar itu juga disebut dengan interaksi sosial.

 Hasil gambar untuk pengadilan negeri jakarta barat


Gambar 2.9 
          Pengadilan Negeri, tempat mencari Keadilan Hukum keadilan mengharuskan seseorang untuk memperoleh sesuatu yang menjadi haknya dan diperlakukan secara adil. keadilan menandaskan bahwa setiap manusia tidak boleh diperlakukan sewenang-wenang. norma hukum wajib dipatuhi dalam setiap aspek, barang siapa yang melanggar suatu aturan hukum akan dikenakan sanksi, yaitu suatu pengenaan dengan kekuasaan memaksa sesuatu yang tidak dikehendaki, tidak menyenangkan atas individu, kelompok individu atau kelembangaan atas perbuatan yang dinilai melanggar norma yang berlaku.

  Hasil gambar untuk masyarakat baduy


Gambar 2.10 
           Masyarakat adat Badui tetap memegang teguh tradisi yang merupakan kearifan lokal
sikap patuh akan muncul pertama kali dalam diri sendiri apabila sudah menjadi kesadaran. kesadarn diri akan arti penting, tujuan dan fungsi norma dalam kehidupan akan mendorong seseorang terbiasa untuk mematuhi norma-norma yang berlaku. oleh karna itu, alagkah baiknya jika kita melestarikan sikap dan budaya pada saat itu. faktor lingkungan, yaitu pengaruh lingkungan kehidupan baik maupun masyarakat yang belom memberikan daya dukung terhadap perhatian dari orang pembentukan watak penuh patuh pada aturan.

1 komentar:

  1. How to make money online by making money from online betting
    Find out how to make money online by 바카라 making money from online betting from scratch or febcasino real money in this article. หาเงินออนไลน์ We cover

    BalasHapus